Home DPRD Balikpapan Para Pedagang Pasar Kota Balikpapan Ngeluruk ke Kantor DPRD

Para Pedagang Pasar Kota Balikpapan Ngeluruk ke Kantor DPRD

200
0

SOAL KALTIM STERIL DAN PENUTUPAN PASAR SABTU MINGGU

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor bertajuk “Kaltim Steril” mendapat penolakan dari para pedagang pasar di Kota Balikpapan.

Seperti diketahui, Kaltim Steril merupakan kebijakan berupa Instruski Gubernur yang mengatur agar kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa ditiadakan pada Sabtu dan Minggu, termasuk kegiatan jual-beli di pasar tradisional atau pasar rakyat.

Kebijakan ini, membuat Aspirasi Asosiasi Pedangang Pasar Tradisional (APPT) Kota Balikpapan ngeluruk ke kantor DPRD kota Balikpapan, tepatnya menyampaikan keluhannya di Komisi 2, pada Kamis (11/12/2021).

Koordinator aksi pedagang Pasar Pandasari Syaril Kanana mengatakan, Instruksi Gubernur Kaltim yang dilanjutkan dengan Surat Edaran Wali Kota Balikpapan tentang pelaksanaan Instruksi Gubernur Kaltim tentang Kaltim Steril tersebut malah berpotensi back fire.

“Karena pada saat hari Jumat penumpukan pembeli datang, apakah itu artinya mencegah Covid-19 sampai di Pasar tutup Sabtu dan Minggu,” sebutnya.

Ia menambahkan, penutupan pasar tiap Sabtu dan Minggu, sama saja membuat penumpukan pembeli di hari-hari tertentu, khususnya Jumat.

“Seperti yang minggu lalu, pembeli belanja hari Jumat itu sampai malam,” terangnya.

Syaril juga membawa keluhan para petani sayur di Lamaru yang dagangannya rusak dan tak laku karena Pasar Pandansari yang ditutup.

“Karena sudah dipanen lalu dijual di pasar Pandansari, tapi tiba-tiba pasar tutup, ya itulah yang kita kuatirkan nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris APPT Kota Balikpapan Andi Ahmad Managa, menuturkan, pihaknya tidak ingin keberlangsungan program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi malah pincang sebelah.

Ia berujar, Instruksi Gubernur yang ingin menghentikan laju sebaran Covid-19 tersebut justru malah membuat ekonomi masyarakat keteteran.

“Kami sangat dirugikan dengan penutupan pasar ini, bukan usaha menengah kecil mandiri saja. Pedagang menengah pun ini sangat dirugikan, juga pedagang kelas tinggi dirugikan. Jadi ini mohon kepada Bapak Wali Kota supaya mengkaji,” kata Andi.

Dia juga menyarankan, kebijakan yang diambil oleh eksekutif itu harus komprehensif integral, dengan disertai kajian akademiknya, yaitu dengan mendengar pandangan para stakeholder.

“Kami mau menghadap ke Wali Kota mengajukan surat keberatan kami. Bila belum ada kebijakan yang memuaskan kami, kami akan melakukan aksi dalam bentuk lain,” ungkapnya.

Pihak APPT Kota Balikpapan berharap, Pemerintah Kota Balikpapan menyatakan bahwa pasar dibuka dengan protokol kesehatan (Prokes) yang dijaga ketat.

“Kemungkinannya Dewan akan mengumumkan pasar buka atau tidak. Kalaupun tidak dibuka, kami akan tetap buka hari Sabtu dan Minggu. Kami berharap Pemerintah tidak melakukan blunder seperti ini lagi,” kata Andi Ahmad Managa, yang juga Sekretaris pedagang Sepinggan yang juga pedagang sembako.

DITERIMA ANGGOTA DPRD KOMISI II
Anggota DPRD di Komisi 2, Hj. Kasmah menyambut baik aksi yang dilakukan para pedagang ini.

Ia menyampaikan, aksi ini membuat pihaknya bisa mendengar langsung keluhan masyarakat dan bisa segera mengevaluasi kebijakan Pemerintah soal Kaltim Steril ini.

“Tadi perwakilan saja yang kita minta bicara dengan Ketua Komisi 2 H. Haris, untuk selanjutnya nanti ada pertemuan dengan Pemerintah Kota Balikpapan,” tuturnya.

Pertemuan tadi, ungkap Kasmah, membahas bagaimana ke depan kebijakan penutupan pasar di hari Sabtu dan Minggu itu bisa dievaluasi kembali, karena berdampak langsung kepada para pedagang.

“Kebetulan saya juga mantan pedagang, jadi tahu ketika kita itu tutup Sabtu Minggu. Kan di sana pedagang punya kegiatan arisan dan bagaimana membayarnya karena tidak ada pendapatan,” terangnya. [*/dea]

Previous articleKetua DPRD Balikpapan Sabet Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra
Next articleDPRD Balikpapan Revisi Perda Sampah, Memuat Sanksi Pidana Ringan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.