Home DPRD Balikpapan Rapat Paripurna, Dewan Dengarkan Pemandangan Umum Wali Kota terhadap Tiga Nota Penjelasan

Rapat Paripurna, Dewan Dengarkan Pemandangan Umum Wali Kota terhadap Tiga Nota Penjelasan

183
0

DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna Ke-15 Masa Sidang I Tahun 2021, pada Senin (12/4/2021). Kegiatan ini sesuai dengan Amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Di antaranya, pemandangan umum wali kota Balikpapan terhadap nota penjelasan DPRD Kota Balikpapan terkait rancangan peraturan tentang penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima. Kemudian, pemandangan umum wali kota Balikpapan terhadap nota penjelasan DPRD Kota Balikpapan terkait rancangan peraturan tentang jaminan produk halal.

Pembahasan selanjutnya pemandangan umum Wali Kota Balikpapan terhadap nota penjelasan DPRD Kota Balikpapan terkait rancangan peraturan tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Terkait ketiga hal tersebut, anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Ali Munsjir Halim mengungkapkan, hal itu merupakan peraturan daerah inisiatif DPRD Kota Balikpapan. Beberapa waktu lalu DPRD telah menyampaikan terkait nota penjelasannya.

“Hari ini Wali Kota sudah memberikan jawaban. Jawaban Wali Kota sangat baik. Kalau terkait produk halal, produk halal untuk kaki lima itu baru. Beliau sudah memahami dan sangat mendukung,” ujarnya.

Sementara terkait perubahan atas Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, lanjutnya, Wali Kota sangat mendukung karena sudah saatnya untuk diubah. Apalagi, saat ini ada penekanan terkait pola pemusnahan sampai baik di tempat pembuangan akhir maupun sistem reduce, reuse, dan recycle (3R).

“Jawaban kami untuk paripurna berikutnya, fraksi-fraksi memberikan pandangan akhir terkait perda-perda itu. Yang jelas, ketiga perda itu sangat dibutuhkan masyarakat,” tutup politikus Partai Demokrat ini. [*/dah]

Previous articleDPRD Kota Balikpapan Bentuk Pansus Perusda Manuntung dan Penyelamatan Aset
Next articleDPRD Balikpapan Dukung Aplikasi “Si Manis Mbak Mar” Kelurahan Margomulyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.