Home DPRD Balikpapan Pergantian Antar Waktu DPRD Balikpapan, Suwanto Resmi Gantikan Riri Saswita Diano

Pergantian Antar Waktu DPRD Balikpapan, Suwanto Resmi Gantikan Riri Saswita Diano

108
0

DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan Ke-20 Masa Sidang II Tahun 2021, pada Jumat (7/5/2021). Kegiatan yang dimulai sekira pukul 14.00 Wita ini dilaksanakan sesuai amanah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota terkait Pengganti Antar Waktu (PAW).

Digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan, rapat paripurna ini beragendakan pengucapan sumpah atau janji dan peresmian pengangkatan pengganti antar waktu sisa masa jabatan periode 2019-2024 atas nama Suwanto.

Pengucapan sumpah atau janji dipandu langsung oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh. Dikatakannya usai kegiatan, Suwanto dilantik menggantikan anggota DPRD Kota Balikpapan yang meninggal dunia beberapa waktu lalu, Riri Saswita Diano.

“Terkait dengan PAW pada hari ini terjadi karena Pak Riri Saswita Diano dari PDI Perjuangan meninggal dunia. Kemudian, harus digantikan oleh kader PDI Perjuangan juga yang nomor urutnya berada di bawahnya,” katanya saat ditemui sejumlah awak media.

PAW, lanjutnya, telah melalui beberapa proses. Proses PAW sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan disesuaikan dengan mekanisme tentang tata tertib DPRD yang berlaku.

Salah satunya adalah proses administrasi mulai dari pengusulan pengganti hingga turunnya surat keputusan (SK) Gubernur. Namun karena DPRD harus lengkap, lanjutnya, maka pihaknya mempercepat hal itu. Setelah SK Gubernur turun, pihaknya pun melakukan pelantikan kepada Suwanto.

“Mudah-mudahan usai dilantik, beliau bisa bergabung dengan DPRD menggantikan Pak Riri Saswita Diano. Beliau ada di Komisi II,” tutupnya.

Sidang paripurna ini dihadiri Wali Kota Balikpapa Rizal Effendi, jajaran Wakil Ketua DPRD, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan. [*/dah]

Previous articleKomisi IV DPRD Kota Balikpapan Gelar RDP Bahas Ketenagakerjaan
Next articleSuwanto Prioritaskan Ketersediaan Data Akurat di Tingkat Kelurahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.