Home DPRD Balikpapan DPRD Bahas RPJMD Wali Kota Terpilih Soal BPJS Gratis

DPRD Bahas RPJMD Wali Kota Terpilih Soal BPJS Gratis

74
0

DPRD Kota Balikpapan melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama sejumlah OPD yang menjadi mitra kerjanya, membahas sejumlah visi dan misi dari Wali Kota terpilih untuk dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2024.

RDP dipimpin Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh didampingi oleh anggota DPRD dan dihadiri Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum, BPKAD, Bagian Pembangunan di ruang rapat paripurna, pada Senin (24/5/2021).

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh mengatakan, anggaran pembiayaan iuran BPJS bagi warga yang akan dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tepat sasaran. Dan agar dalam memasukkan rencana penggratisan iuran BPJS Kesehatan, pemerintah kota harus membuat perhitungan yang benar-benar matang dalam pelaksanaannya.

“Jadi kami ingin ada kejelasan kategori masyarakat penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan khusus bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Untuk pos anggaran silahkan tim anggaran Pemkot yang menetapkan,” katanya.

Abdulloh juga menyampaikan, visi tersebut harus masuk ke dalam RPJMD 2021-2024 sebagai bukti realisasi janji kampanye yang harus ditunaikan kepada masyarakat. Dan iuran BPJS Kesehatan gratis ini merupakan implementasi dari visi Wali Kota Balikpapan terpilih, Rahmad Mas’ud, ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

“Sesuai dengan visi Wali Kota terpilih yang akan memberikan BPJS gratis kepada masyarakat tentunya akan jadikan salah satu yang akan dituangkan dalam RPJMD Kota Balikpapan,” menurutnya.

Lanjut Abdulloh, anggaran yang dipergunakan benar-benar efektif dan masyarakat yang menerima bantuan BPJS tepat sasaran dan memang termasuk yang betul-betul membutuhkan. Dan pihaknya menyerahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) dalam pelaksanaannya di lapangan.

“Dengan tidak memasukkan masyarakat yang sudah masuk dalam program BPJS mandiri yang ditanggung oleh perusahaan, intinya kami minta perhitungan yang benar-benar matang dalam menentukan kategori masyarakat yang diberikan BPJS secara gratis oleh pemerintah,” ungkapnya. [*/to]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.