Home DPRD Balikpapan Paripurna DPRD Balikpapan, DPRD Menyelesaikan Defisit APBD-P 2021

Paripurna DPRD Balikpapan, DPRD Menyelesaikan Defisit APBD-P 2021

61
0

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna ke-32 masa sidang III tahun 2021 di Ruang Rapat Gabungan, lantai 2 DPRD Balikpapan, yang juga dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melalui video conference, dan dipimpin langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Balikpapan, pada Kamis (16/9/2021).

Dalam rapat paripurna tersebut, agenda pertama yakni Pengumuman Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 Hasil Evaluasi Gubernur. Agenda kedua yaitu Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA PPAS) Tahun Anggaran 2021.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, APBD Perubahan (APBD-P) Kota Balikpapan Tahun 2021 diperkirakan akan ditetapkan pada angka Rp 2,79 triliun. Meski di tengah situasi krisis keuangan akibat pandemi Covid-19, APBD Perubahan Tahun 2021 akan mengalami kenaikan dari nilai APBD murni tahun 2021 yang semula Rp 2,2 triliun.

“Kalau dari penjelasan tadi, APBD Perubahan 2021 itu sebesar Rp 2,14 triliun yang kemudian ditambah dengan belanja menjadi Rp 2,79 triliun,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Dia juga menyampaikan, APBD-P Kota Balikpapan Tahun 2021 mengalami defisit sebesar Rp 640 miliar, yang kemudian ditutupi dengan realisasi pendapatan asli daerah (PAD), sehingga tidak ada defisit karena untuk APBD-P tidak boleh ada defisit harus zero antara pemasukan dengan pengeluaran.

Politisi fraksi Golkar juga mengungkapkan, siap mendukung setiap kebijakan untuk merealisasikan visi dan misi Wali Kota seperti program BPJS Kesehatan kelas tiga gratis, bantuan anak sekolah dan program penanggulangan banjir.

“Kita tidak mengganggu program prioritas untuk pro rakyat sesuai dengan visi dan misi Wali Kota, dan program yang dimasukkan itu masih mencakup program prioritas,” ungkapnya. [*/to]

Previous articleKetua DPRD Balikpapan Abdulloh: Saya Sepakat AL si Pencabul Kebiri Saja
Next articleVaksinasi Warga Graha Indah, Siapkan 1.250 Dosis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.