Home DPRD Balikpapan Ardiansyah: Balikpapan Kekurangan SDM Bidang IT

Ardiansyah: Balikpapan Kekurangan SDM Bidang IT

87
0

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan yang juga Panitia Khusus (Pansus) Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (LHPBPK), menyampaikan laporan hasil kerja dan rekomendasi pengawasan tindak lanjut atas laporan keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan tahun 2020.

Ketua Panitia Pansus LHPBPK Ardiansyah mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan dengan inspektorat dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), terdapat permasalahan integrasi data.

“Artinya di Balikpapan selama ini SDM tenaga IT itu kurang. Itu harus dioptimalkan kembali,” kata Ardiansyah yang juga anggota Komisi IV, belum lama ini.

Dia juga menyampaikan, sehingga kejadian-kejadian berulang itu tiap tahun ada, karena masalah SDM-nya yang masih kurang. Dan koordinasi antara OPD juga harus ditingkatkan agar kejadian berulang tersebut tidak terjadi lagi.

“Salah satunya PDAM itukan ada beberapa dana hibah dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi, itu belum selesai seperti laporan kita tadi, itu harus segera diselesaikan,” ucapnya.

Politisi fraksi PPP ini juga mengungkapkan, Inspektorat sebagai leading atau yang terdepan untuk melakukan audit dalam keuangan OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, sehingga tidak terjadi temuan. Hanya saja, semua kembali pada OPD masing-masing.

“Karena antara Inspektorat dengan OPD itu harus sinkron, bersinergi. Mau enggak mengikuti saran-saran Inspektorat, kalau diikuti temuan itu tidak terulang lagi. Kalau Inspektorat saja yang melakukan audit terus menerus tapi tidak diikuti rekomendasinya, ya sama saja kan,” ungkapnya.

Lanjut Ardiansyah, karenanya, Pansus LHPBPK merekomendasikan untuk SDM tenaga IT perlu ditingkatkan.

“Dan sistem kita masih lemah di Kota Balikpapan,” tukasnya. [*/to]

Previous articleVaksinasi Warga Graha Indah, Siapkan 1.250 Dosis
Next articleIwan Wahyudi Pertanyakan Peran OPD Terkait Pencegahan KDRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.