Home DPRD Balikpapan Buang Sampah Tidak Sesuai Ketentuan Bisa Kena Pidana

Buang Sampah Tidak Sesuai Ketentuan Bisa Kena Pidana

63
0

Menjadi sebuah keprihatinan bersama manakala melintas di sebuah kawasan tampak sampah berserakan, apalagi akibat ulah dari oknum yang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya. Perbuatan yang kurang terpuji tersebut memicu lingkungan terkesan kumuh dan kotor. Bayangkan, jika di kawasan tersebut tidak ada petugas kebersihan. Ada petugas kebersihan pun, beban kerja mereka kian berat akibat ulah oknum pembuang sampah sembarangan.

Kini Kota Balikpapan berencana akan menerapkan sanksi pidana ringan bagi masyarakat yang melanggar aturan ketertiban membuang sampah. Sanksi tersebut berupa sanksi penahanan kartu identitas atau KTP hingga pidana ringan bagi pelanggar.

“Hari ini, kita melakukan rapat untuk melakukan revisi terkait Perda nomor 13 tahun 2015 tentang sampah. Misinya adalah untuk mendukung rencana target pengurangan sampah hingga 30 persen,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono Satro Prawiro, usai rapat paripurna pandangan fraksi terkait rencana Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang sampah, pada Senin (27/9/2021).

Budiono juga menyampaikan, ada beberapa pasal yang akan dimasukkan rencana revisi Perda ini, di antaranya menyangkut sanksi administrasi, denda, hingga tindak pidana ringan. Karena selama ini hanya menerapkan penahanan KTP.

“Dalam aturan ini kita juga mengatur sanksi ya karena di lapangan banyak masyarakat yang membuang sampah berupa pohon, springbed, dan lain-lainnya ke TPS. Itu tidak boleh dibuang ke TPS. Hanya sampah rumah tangga saja. Oleh karena itu larangan pembuangan sampah sejenis tersebut dipertegas dalam revisi Perda tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Nusyamsiarni menuturkan, pihaknya berharap dengan adanya penambahan pasal dalam revisi Perda ini dapat memberikan perubahan lebih baik dalam sistem pengelolaan sampah di Kota Balikpapan.

“Tentunya dengan adanya penambahan pasal dalam Perda sampah tersebut. diharapkan dapat memberikan perubahan yang lebih baik,” ujarnya. [*/to]

Previous articleAbdulloh: Pengesahan APBD-P 2021 Menunggu Evaluasi Gubernur Kaltim
Next articleKelola Sampah, DPRD Siapkan Raperda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.