Home DPRD Balikpapan Lima Raperda Inisiasi DPRD Akan Menjadi Perda

Lima Raperda Inisiasi DPRD Akan Menjadi Perda

50
0

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan terus membahas revisi dan pandangan fraksi-fraksi. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung menyebut, tahun ini ada lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan menjadi Perda dari tujuh inisiasi DPRD.

Andi Arif Agung yang akrab disapa A3 ini menerangkan, tahapannya saat ini ada tiga Raperda yang telah siap sampai akhir bulan Oktober.

Pertama, Raperda Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis yang dua hari lalu (Senin (27/9/2021) masuk dalam pembahasan revisi dan pandangan fraksi-fraksi.

“Raperda yang baru disahkan, disepakati tentang sampah rumah tangga dan sampah sejenis,” katanya.

Kedua, Raperda tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Tahapannya akan disahkan Senin depan.

“Baru selesai fasilitasi dari Biro Hukum dan Biro Pemerintahan, mudah-mudahan jadwalnya Senin, kita mau sahkan Perda tentang PKL,” ungkap Ketua Bapemperda tersebut.

Ketiga, sambung A3, Raperda Pajak Hiburan juga akan disahkan akhir bulan Oktober ini.

“Progress-nya baru di nopen (Nota Penjelasan, red), besok kita sudah masuk di tanggapan Wali Kota, jadi 3 Perda ini yang kemudian insya Allah nanti akan kita selesaikan di minggu ke-4 bulan Oktober,” ungkap politisi partai Golkar ini.

Terkait Raperda inisiatif DPRD Balikpapan, yang sudah disahkan menjadi Perda adalah Perda tentang Kearsipan beberapa bulan lalu. Ke depan akan menyusul pula pengesahan Perda Pelayanan Kepemudaan.

“Perda Kepemudaan, soalnya kalau enggak ada halangan tadi sudah kita jadwalkan kisaran tanggal 25 sampai tanggal 27 Oktober. Anggap saja momentumnya momentum Sumpah Pemuda,” terang Andi Arif Agung.

Menurut Ketua Bapemperda yang juga anggota Komisi I itu, ada beberapa Raperda lain yang juga sedang dikejar pengesahannya sampai akhir tahun 2021 ini.

Di antaranya adalah Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Raperda Penyelenggaraan Transportasi.

“Inisiatif DPRD ini sudah on the track dari tujuh Raperda, insya Allah kita bisa menuntaskan lima. Keterlambatan nanti kita dorong tahun 2022,” tandasnya. [*/to]

Previous articleBasarnas Kaltim Audiensi ke DPRD Balikpapan
Next articleSoal BPJS Gratis Kelas III, Warga Diminta Proaktif Mengawasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.