Home DPRD Balikpapan Reses Iwan Wahyudi Didominasi Soal RDMP, PPDB dan Pelatihan Kerja

Reses Iwan Wahyudi Didominasi Soal RDMP, PPDB dan Pelatihan Kerja

49
0

Reses anggota DPRD Kota Balikpapan Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Utara, H Iwan Wahyudi berjalan aman dan penuh kekeluargaan di Kediaman Soeharto yang juga Ketua RT 69, Jalan Arjuna Gn Polisi Kelurahan Muara Rapak Kecamatan Balikpapan Utara, pada Rabu (6/10/2021) sore.

Dalam reses tersebut, dihadiri para Ketua RT di lingkungan Kelurahan Muara Rapak dan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja (Dinasker) Kota Balikpapan, di antaranya Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Pekerjaan Erwin, serta Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Agus Waras.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Iwan Wahyudi mengatakan, diharapkan dalam reses ini untuk menyerap aspirasi masyarakat yang nantinya akan menjadi catatan dan selanjutnya akan dibawa dalam rapat paripurna APBD Kota Balikpapan.

Lanjut Iwan, dalam reses kali ini, masalah pendidikan dan ketenagakerjaan masih menjadi keluhan masyarakat. Khusus pendidikan, pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sistem radius dirasakan masyarakat masih menjadi kendala. Pasalnya di setiap keluraham masih merasa kurang banyak mendapatkan sekolah negeri. Seperti halnya di Kelurahan Muara Rapak, hanya beberapa SMP Negeri saja yang masuk dalam radius.

“Warga kami masih mendapatkan kendala dalam PPDB. Pasalnya dengan sistem radius, tidak semua SMP Negeri yang masuk dalam radius Kelurahan Muara Rapak,” kata Ketua RT 67 Ali.

Masih menurut Ali, masalah penyerapan tenaga lokal di proyek RDMP perluasan Kilang Pertamina juga belum sepenuhnya dirasakan. Pihak Pertamina masih condong menggunakan tenaga kerja dari luar Balikpapan.

Menanggapi hal ini, H Iwan Wahyudi yang dikenal sangat santun dan ramah ini menjelaskan, untuk pendidikan diakui memang masih kekurangan SMP Negeri di wilayah Balikpapan Utara. Dan dalam RPJM Wali Kota Balikpapan akan dibangun 2 SMP Negeri, salah satunya di Kelurahan Marga Sari Balikpapan Barat sekitar 2023-2024. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Disdikbud Balikpapan agar saat PPDB nanti warga Kelurahan Muara Rapak dapat mendaftar ke SMP Negeri 9 dan 4, agar warga dapat bersekolah di SMP Negeri.

Sedangkan untuk ketenagakerjaan, harus diadakannya hubungan harmonisasi antara Pemkot Balikpapan dan Pihak Pertamina, agar dapat menyerap tenaga lokal.

Kepala Bidang Pelatihan dan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Balikpapan Erwin menambahkan, kendalanya adalah persyaratan yang diajukan pihak Pertamina memang cukup tinggi, yakni tenaga kerja harus memiliki sertifikasi khusus di bidangnya.

Agar kendala tersebut dapat diatasi, Disnaker telah melaksanakan berbagai pelatihan, di antaranya pelatihan otomotif, alat berat, uji tanpa rusak, menjahit dan alat pendingin. Agar nantinya mereka yang sudah lulus pelatihan dapat disalurkan ke beberapa perusahaan yang membutuhkan. [*/to]

Previous articleRPJMD Balikpapan dan Perda Pemberdayaan PKL Dibahas di Rapat Paripurna DPRD
Next articleSabaruddin: Perlunya Edukasi Pembinaan kepada PKL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.