Home DPRD Balikpapan UMKM Bersiap Bangkit. Budiono: Pelaku Usaha Manfaatkan Event Expo

UMKM Bersiap Bangkit. Budiono: Pelaku Usaha Manfaatkan Event Expo

83
0

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Mal Balikpapan Ocean Square (BOS) menggelar open ceremonial Funtastic Expo 2021, pada Jumat (12/11/2021).

Expo Fantastic akan berlangsung 12 Nopember 2021 hingga 12 Januari 2022 mendatang.

Mulai bukanya sejumlah pusat perbelanjaan modern yang menyesuaikan dengan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. DPRD Kota Balikpapan mendukung perluasan relaksasi kepada sektor ekonomi selama masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono Sastro Prawiro mengatakan pemerintah setempat memang sudah memberikan relaksasi selama masa pandemi Covid-19 terutama di sektor ekonomi. Seperti keringanan pembayaran retribusi dari pemerintah, pajak hingga biaya sewa bagi pedagang yang berjualan di sejumlah lokasi di Balikpapan.

“Karena kemarin ada pandemi akhirnya banyak tenant tutup ketika itu. Hari ini kami lihat mulai buka lagi. Harapannya tenant-tenant besar dan lainnya bisa kembali masuk. Itu jelas bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya saat menghadiri expo di Mall Balikpapan Ocean Square (BOS) Pasar Baru Balikpapan, yang lebih dikenal mall Balcony, pada Jumat (12/11).

Politisi fraksi PDIP juga menyampaikan, pihak pengelola mall BOS juga memberi kemudahan pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk masuk. Di antaranya melalui keringanan biaya sewa dan bebas beban biaya lainnya. Hal itu sebagai bentuk perhatian terhadap sektor UMKM yang turut tergerus selama masa pandemi Covid-19.

“Tadi pak GM menyampaikan program keringanan sewa dan beban lainnya bagi UMKM. Ini harus bisa mereka manfaatkan untuk masuk ke sini. Semoga itu bisa membangkitkan UMKM di masa pandemi ini,” ucapnya.

Budiono juga mengungkapkan, Dimasa PPKM level 2 ini, merupakan kesempatan bagi UMKM untuk bangkit dan kembali berjualan. Meskipun begitu, mereka juga harus komitmen terhadap prokes. Karena bukan hanya pemerintah yang menjaga disiplin prokes dalam upaya pencegahan Covid-19. Namun diperlukan juga kesadaran masyarakat di semua elemen. [*/to]

Previous articleSuriani: Sebelum Menikah Harus Ada Bimbingan Pernikahan yang Intensif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.