Technology and Tips

Ini 4 Cara Agar Matamu Cemerlang

Kamu bermasalah dengan penglihatan? Pasti bikin kamu mengalami keterbatasan jarak pandang dan menghambat aktivitasmu. Belum lagi bila harus menggunakan kacamata, bikin capai, bukan?

Nah, ternyata ada cara alami bikin penglihatanmu menjadi lebih baik, lho. Cara ini sudah diteliti oleh para ahli. Dikutip dari naturalsociety.com, Selasa (21/4), berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menajamkan penglihatanmu:

1. Makanlah makanan yang mempertajam indera visualmu
Mata juga butuh nutrisi supaya berfungsi normal dan maksimal lho, guys. Apa saja nutrisi itu dan terdapat dalam bahan makanan apa saja itu? Berikut penjelasannya:

a. Antioksidan
Beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin melindungi makula (bagian dari mata yang berada di dekat pusat retina) dari kerusakan akibat sinar matahari. Seiring dengan perlindungan makula, makanan yang kaya nutrisi ini juga telah ditemukan untuk mencegah penyebab utama kebutaan. Makanan yang mengandung nutrien ini adalah sayuran berdaun gelap, kuning telur, paprika kuning, labu, ubi jalar, dan wortel.

b. DHA (minyak ikan)
DHA adalah  DHA adalah asam lemak yang dapat ditemukan pada ikan seperti salmon liar coldwater, krill, dan cod. Cara termudah untuk mengkonsumsi DHA adalah melalui suplementasi. Minyak ikan yang berkualitas tinggi adalah bebas merkuri, bisa memberikan dukungan struktural untuk mata melalui penguatan membran sel.

c. Air murni
Air bermanfaat untuk seluruh tubuh. Minum air dalam jumlah yang cukup akan mencegah dehidrasi keseluruhan tubuh dan mata kering.

2. Latihlah mata
Ternyata kamu perlu melatih pergerakan mata supaya otot mata ‘luwes’ dan pertumbuhannya terangsang. Percaya atau tidak, otot-otot di mata memang memerlukannya supaya penglihatan optimal. Berikut latihan yang bisa kamu lakukan, antara lain:

a. Pemanasan mata
Gosok kedua telapak tangan kamu untuk menciptakan kehangatan. Kemudian tempatkan kedua telapak tanganmu itu di atas mata selama 5 detik. Ulangi proses ini sebanyak 3 kali.

b. Memutar bola mata
Mulailah dengan melihat langit-langit, perlahan putarlah mata searah jarum jam sebanyak 10 kali lalu berlawanan arah jarum jam juga 10 kali.

c. Fokus
Lihatlah satu pena yang kamu angkat ke depan wajah dan mata kamu, sejauh lenganmu terulur ke depan. Lihatlah dengan saksama. Secara perlahan dan tetap menatapnya, gerakkan pena itu ke depan hidungmu, setidaknya 6 inci atau 15 sentimeter. Lalu, kembalikan ke posisi semula secara perlahan. Ulangi sebanyak 10 kali.

d. Pijat pelipis
Dengan menggunakan buku-buku jari jempol, pijatlah lembut pelipis dalam lingkaran kecil. Lakukan gerakan dalam satu arah sebanyak 20 kali, lalu dalam arah berlawanan juga sebanyak 20 kali.

3. Perhatikan lingkungan sekitar
Kamu perlu memerhatikan penerangan lingkungan tempat di sekitar kamu sering tinggal dan kegiatanmu selama ini. Lampu neon, layar komputer, alergen lingkungan, klorin di dalam kolam renang, AC maupun penghangat ruangan, membaca dalam pencahayaan yang redup, menggosok mata secara asal, adalah beberapa hal yang bisa menurunkan fungsi penglihatanmu.

Rokok juga bisa meningkatkan tekanan pada optik, yang dapat mengakibatkan sejumlah konsekuensi yang merugikan.

4. Beristirahat dengan benar
Mata juga butuh istirahat lho, guys. Untuk setiap 50 menit sekali yang kamu habiskan untuk membaca atau menatap layar komputer, izinkan 10 menit untuk beristirahat. Atau kamu bisa menutup mata dengan kain penutup untuk memastikan cahaya terhalang masuk, juga bisa membantu mata istirahat.

Jangan lupa, tidur yang cukup selama 7-8 jam per malam. Hal ini bukan hanya bermanfaat untuk tubuh, namun juga untuk mata.

Source : Brilio.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button