Lifestyle

Ini Sebabnya Kantuk Selalu Datang Saat Sedang Tak Enak Badan

Bukan hal yang aneh jika seseorang yang sedang tidak enak badan, jadi mudah lelah dan mengantuk. Namun bagaimana hal itu bisa saling berhubungan, belum banyak diteliti secara ilmiah.

Para ilmuwan dari University of Pennsylvania baru-baru ini mempublikasikan temuan tentang hal itu. Mereka menggunakan cacing mikroskopis untuk mengungkap rahasia di balik serangan rasa kantuk ketika sedang kurang sehat.

Ketika badan kurang sehat, sel-sel tubuh mengalami stres selular. Pengamatan pada cacing menunjukkan, stres tersebut memicu pelepasan neuron yang disebut ALA da FLP-13. Keduanya berperan dalam penghantaran sinyal-sinyal ke otak.

Rasa kantuk muncul karena aktivitas tersebut. Tujuannya, menurut para ilmuwan adalah agar tubuh diistirahatkan dengan cara tidur sehingga proses pemulihan dari stres bisa berjalan.

“Tidur sangat penting dalam menolong manusia maupun hewan untuk pulih selama sakit,” jelas David M Raizen, PhD yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Medicalexpress.

Terkait temuan ini, para ilmuwan akan melakukan pengamatan juga pada manusia. Jika berhasil, mereka punya peluang menciptakan obat untuk mengatasi kelelahan saat badan sedang terasa tidak sehat.

Source : Detik Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.