DPRD Balikpapan

Kelola Sampah, DPRD Siapkan Raperda

Sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 120 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna ke-36 Masa Sidang III Tahun 2021, yang dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melalui video conference, dilaksanakan di Ruang Rapat Gabungan DPRD Kota Balikpapan, Senin (27/9/2021).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, didampingi Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle dan Budiono Sastro Prawiro. Agenda rapat sendiri yakni penyampaian jawaban fraksi-fraksi DPRD terhadap pemandangan umum Wali Kota Balikpapan atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, dan penandatangan berita acara pembicaraan tingkat I.

Dalam penyampaian jawaban seluruh fraksi, dibacakan oleh Fadillah dari Fraksi Golkar, Yohanes Patiung dari Fraksi PDIP, Aminuddin dari Fraksi Gerindra, Amin Hidayat dari Fraksi PKS, Sri Hana dari Fraksi Demokrat, dan Fraksi Gabungan dibacakan oleh Nurhadi.

“Dalam Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Fraksi PDIP selalu mengimbau dan selalu mengajak masyarakat Kota Balikpapan untuk senantiasa tetap disiplin dan patuh terhadap pemberlakuan PPKM darurat,” kata anggota DPRD yang juga dari Fraksi PDIP, Yohanes Patiung.

Dia juga menyampaikan, terkait sampah pohon dan sejenisnya, mengajak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meninjau langsung ke lapangan, ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS). “Karena menutup TPS tersebut secara sepihak, tanpa adanya musyawarah dengan masyarakat setempat dan akhirnya menimbulkan gesekan terhadap warga setempat,” ucapnya. [*/to]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button