Lifestyle

Main Biliar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bayangkan jika Anda sedang berada di rumah sakit, mungkin di ruang Instalasi Gawat Darurat. Lalu tanpa sengaja Anda melewati sebuah ruangan, berisi beberapa dokter atau petugas medis lain, sedang bermain bola sodok atau biliar.

Jangan keburu kesal, dan menuduh mereka sedang bersenang-senang. Apalagi kemudian dikaitkan dengan keadaan di IGD yang penuh dengan pasien. Karena bisa jadi mereka adalah para dokter bedah yang sedang menunggu waktu untuk mengoperasi pasien.

“Kadang-kadang, kita harus melakukan operasi jam 12 malam. Dokter sudah datang semua, peralatan sudah siap, tetapi operasi belum bisa dilakukan. Nah, sambil menunggu kita bisa main biliar atau karaoke,” kata dr Iskandar Sarumpaet, SpB, Kepala Instalasi Bedah RSUD Waled, Cirebon, seperti yang dikutip dari Detikcom.

Relaksasi seperti ini menjadi sangat penting karena pekerjaan para dokter bedah membutuhkan ketelitian tingkat tinggi yang akan sangat menguras energi fisik dan mental. Bermain biliar dapat meredakan stres, dan para dokter dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

Memanfaatkan permainan biliar untuk meredakan stres oleh para dokter ini mendapat penjelasan dari seorang peneliti Rohit Sagoo dari Anglia Ruskin University, Inggris.

Rohit melakukan penelitian terhadap 1029 orang dewasa yang bermain biliar hanya sebagai pengisi waktu luang atau bersenang-senang. Hasilnya, lebih dari separuh responden dengan total 662 orang, menyatakan bahwa bermain biliar menimbulkan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Termasuk peningkatan konsentrasi, kemampuan mengasah ketrampilan yang dibutuhkan dalam bidang kehidupan yang lain, kemampuan melakukan penilaian dan mengelola risiko, serta meningkatkan kesabaran.

Para responden juga menyatakan bahwa bermain biliar menyebabkan mereka menjadi lebih relaks, sekaligus tangkas, secara mental dan kehidupan sehari-hari mereka.

“Penelitian ini telah menunjukkan dengan sangat jelas bahwa permainan ini telah berperan penting dalam mempertahankan dan mengembangkan fungsi kognitif” kata Rohit Sagoo.

Manfaat lain bermain biliar

Selain meningkatkan kesehatan mental, ada beberapa manfaat lain permainan biliar bagi para pemainnya. Seperti yang dilansir dari Health Fitness Revolution, manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Menghambat penuaan dini bagi para lelaki, demikian menurut penelitian. “Bermain biliar bersama teman-teman, sambil minum bir, dapat membuat para lelaki tetap aktif dan melawan proses penuaan” kata Aske Juul Lassen, peneliti dan antropologis dari University of Copenhagen.

2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus

3. Membakar kalori. Ini kejutannya. Berjalan mengelilingi meja biliar untuk permainan bola 8 atau bola 9 setara dengan berjalan sejauh 3/4 mil. Apalagi jika dilakukan sambil bersenang-senang dengan teman-teman, selain dapat menurunkan berat badan, juga dapat menyehatkan mental

4. Membangun kewaspadaan dan kontrol diri. Konsentrasi dan fokus saat bermain biliar agar dapat memasukkan bola sasaran ke dalam lubang, membuat Anda dapat berlatih untuk mengontrol emosi dari gangguan yang ada di sekitar.

5. Meningkatkan daya ingat dan daya kerja otak, sehingga membuat seseorang dapat dengan cepat mengambil keputusan strategis

6. Membentuk dan melenturkan otot, seperti otot punggung, pinggul dan lengan

7. Dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Permainan biliar bukan merupakan permainan khusus laki-laki. Semua orang dapat memainkannya, tidak pandang jenis kelamin dan usia. Tidak ada salahnya memainkan biliar bersama seluruh anggota keluarga, sambil bercengkerama dan bercerita tentang pengalaman harian masing-masing anggota.

Source : Beritagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button