Lifestyle

Pernah Pelajari 1 Bahasa Asing Memudahkan Kuasai Bahasa Lainnya

Pernah mendengar istilah “language is not a magic, but it is a part of habit”? Mungkin itu istilah tepat yang harus dimengerti para pembelajar bahasa asing, seperti halnya orang Indonesia belajar Bahasa Inggris maupun orang asing yang belajar Bahasa Indonesia. Dan ternyata jika seseorang sudah terbiasa mempelajari banyak bahasa asing, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing yang lain.

Mustika Nur Amalia, mahasiswi S2 jurusan Keguruan Bahasa Universitas Negeri Malang mengungkapkan bahwa seseorang bisa lebih cepat belajar bahasa, misalnya orang Amerika belajar Bahasa Indonesia, jika sebelumnya dia pernah belajar asing. “Saya pernah mengajar Bahasa Indonesia untuk empat siswa Amerika. Nah tiga orang di antaranya bisa cepat nangkep kosa kata baru dan setelah beberapa bulan logat Amerikanya bisa hilang karena memang mereka sebelumnya sudah mempelajari dua sampai tiga bahasa asing,” ujar Mustika yang sudah dua tahun menjadi pengajar Bahasa Indonesia pada program Critical Language Scholarship Amerika pada brilio.net, Selasa (2/5).

Mustika menambahkan bahwa ada juga satu siswanya yang juga merupakan pembelajar cepat namun dengan logat Amerika yang masih kental karena memang sebelumnya belum pernah belajar bahasa asing secara resmi. Selain pengalaman belajar bahasa asing sebelumnya, lingkungan adalah faktor pendukung lain dalam pembelajaran bahasa asing.

Perempuan asal Malang Jawa Timur ini bercerita bahwa para mahasiswa Amerika yang diajarnya bisa memasuki level intermediate dalam belajar Bahasa Indonesia karena memang lingkungan yang mendukung. Misalnya saja seusai kelas mereka langsung didampingi oleh tutor yang dan keluarga asuh yang memang membiasakan mereka tinggal dalam situasi berbahasa Indonesia.

Source : Brilio.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.