Lifestyle

Ragam Tradisi Salam Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Beberapa di antaranya mungkin terlihat aneh atau lucu bagi kita…Setiap negara memiliki ciri khas dan budaya yang berbeda-beda. Selain bahasa, salah satu kekheasa yang dimiliki setiap negara adalah cara mereka menyapa orang atau memberi salam.

Tradisi menyapa ini ternyata memiliki keunikan sendiri, meski semua cara ini bertujuan sama untuk menghormati dan menghargai setiap individu di negara tersebut.

Nah, Agar tidak salah atau bingung saat memberikan salam di beberapa negara yang mungkin akan kamu kunjungi, berikut cara memberikan salam di berbagai negara seperti dikutip dari lamanbrightside.me.

Beberapa di antaranya mungkin terlihat aneh atau lucu bagi kita, tapi itulah bentuk keberagaman budaya di dunia ini.

1. Indonesia dan Filipina (Cium Tangan)


Orang-orang di Indonesia dan Filipina melakukan gerakan indah yang disebut Salim (Indonesia) atau Mano (Filipina) untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tua. Mereka mengambil tangan orang tua dan menempelkanya ke dahi, tak jarang mereka mencium tangannya.

2. Indonesia (Sungkem)


Rakyat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa biasa mengatupkan kedua telapak tangan di atas pinggang untuk menunjukkan rasa hormat. Umumnya sungkem dilakukan oleh anak kepada orang tuanya sebagai bentuk hormat sekaligus tanda berbakti kepada orang tua.

3. Jepang


Orang Jepang mengucapkan salam dengan menundukan sebagian badan ke arah depan untuk menunjukkan rasa hormat.

4. India


Orang-orang di India mengucap kata ” Namaste” sambil mengangkat tangan mereka di atas dada.

5. Thailand


Tidak jauh dengan kebiasaan salam di India, salam di Thailand disebut wai menggunakan sikap seperti doa dengan disertai badan yang sedikit membungkuk.

6. Prancis


Di Prancis, adalah kebiasaan saling mencium pipi saat sebelum atau sesudah pertemuan.

7. Selandia Baru


Salam khas suku Maori dengan menempelkan hidung satu sama lain dan berbagi nafas kehidupan.

8. Botswana


Di Botswana memiliki tradisi memberi salam yang unik yakni berjabat tangan sebanyak 3 kali. Dimulai dari menyentuh hingga merapatkan tangan yang digoyang-goyangkan.

9. Mongolia


Sambutan khas Mongolia untuk tamu dengan memberi selendang sutra atau katun yang disebut Hada.

10. Saudi Arabia


Sambil berjabat tangan dan mengucap Assalamualaikum, Orang-orang Arab juga saling mencium dan menggesekkan hidung hingga beberapa kali untuk mengucapkan salam.

11. Tuvalu


Warga Tuvalu memberikan salam dengan cara menekan wajah seseorang dengan pipi sambil mengendus dalam dalam.
Ini merupakan sebuah ekspresi untuk berbagi yang dilakukan pada teman dan keluarga.

12. Yunani


Bentuk umum dari ucapan salam antar lelaki di Yunani adalah menepuk di bagian belakang atau bahu dari seorang kenalan.

13. Kenya dan Tanzania


Salam paling aneh adalah yang satu ini. Suku Maasai di Kenya dan Tanzania memberi salam dengan meludah satu sama lain sebagai bentuk sopan santun yang besar. Selain itu, para pemuda suku ini juga harus meludahi tangan mereka sebelum berjabat tangan.

14. Malaysia


Salam ini dimulai dengan dua orang saling menggenggam tangan dan diakhiri dengan menempatkan telapak tangan bawah di dada sendiri.

15. Tibet


Tradisi menjulurkan lidah rakyat Tibet ini merupakan cara untuk menunjukkan bahwa seseorang yang menyapa itu bukan titisan setan, yakni Si Lidah Hitam yang Besar.

Source : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button