News

Ribuan Warga Balikpapan Rayakan Tahun Baru 1445 H

Mereka terdiri dari 130 kelompok gabungan.

GODISCOVER.CO.ID – Sekitar 1.500 warga Balikpapan, yang tergabung dalam 130 kelompok masyarakat Islam merayakan pergantian malam tahun baru Islam 1445 Hijriyah. Perayaan dilakukan dengan pawai obor.

Ribuan warga ini berkumpul di laman Masjid Agung At Taqwa hingga berputar di Balikpapan Plaza lalu kembali ke halaman masjid At Taqwa, Selasa (18/7/2023) malam.

Ratusan kelompok itu diikuti perwakilan pengurus masjid, ormas islam, TPA islam, kelompok pengajian juga kelompok lintas agama.

Pawai obor ini memasuki tahun kedua usai pandemi. Di momen ini, panitia menyiapkan hadiah bagi peserta yang punya hiasan menarik bernuansa Islami dan kekompakan kelompok saat pawai.

“Pawai obor mempererat tali persaudaraan dan persatuan. Karena nanti memperingati 17 Agustus, jadi ini rangkaianya juga. Ada 130 tim yang per tim terdiri dari 10 orang. Jadi jumlahnya 1.300 lebih. Mereka peserta umum dan TPA,” terang Sekrataris GP Anshor Balikpapan, Andi Iriawan.

“Nanti ada penilaian khusus dari kostum, kekompakan karena ada piala pak wali kota. Rute dari masjid Agung sampai depan BC,” jelasnya.

Tingginya animo umat Muslim Balikpapan merayakan pergantian tahun baru Hijriah ini disambut positif Pemkot Balikpapan. Acara ini dilepas Pj Sekda Zulkifli dengan menyala obor secara bersamaan dan peserta pun mulai pawai dengan membawa obor yang disiapkan panitia.

“Tahun ini jadi tahun kedua, alhamdulillah pesertanya makin banyak kurang lebih 1.500 orang. Teman-teman Anshor Balikpapan sebagai panitia melaporkan ini gabungan dari elemen masyarakat Muslim, organisasi kemasyarakatan bahkan ada dari lintas agama ikut dalam pawai obor,” ujar Zulkifli.

“Alhamdulillah. Ini menunjukan pembauran warga kota yang semakin baik dan makin harmonis,” ucapnya.

Zul mengatakan, wali kota menyambut baik dan berterimakasih kepada masyarakat yang antusias dan tetap mampu menjaga ketertiban. “Mudah-mudahan tahun baru ini 1445 H semakin baik, semakin kuat, makin maju kota kita. Itu harapan kita,”harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button