Lifestyle

Studi: Tips-tips Sederhana Efektif Jaga Berat Badan Saat Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, banyak orang sudah tidak sabar untuk berangkat liburan atau setidaknya berkumpul bersama keluarga dan makan-makan. Namun, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, akhir tahun sering kali menjadi momen di mana kita melepaskan diri untuk melahap semuanya sehingga mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini juga terjadi di semua belahan dunia dan mendorong para peneliti untuk mencari cara yang efektif mencegah kenaikan berat badan pada akhir tahun.

Dalam sebuah studi yang disebut Winter Weight Watch (Pengawasan Berat Badan Musim Dingin) dam dipublikasikan dalam jurnal The BMJ, para peneliti mengamati perubahan berat badan 272 partisipan yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok selama sebulan antara November dan Februari.

Kelompok pertama yang disebut kelompok intervensi diminta untuk menimbang berat badan mereka setidaknya dua kali seminggu, lalu mencatat dan merefleksikannya. Kelompok ini juga diminta berolahraga dan diberi 10 tips untuk menjaga berat badan, seperti porsi makanan dan anjuran untuk membatasi minuman alkohol dan bergula.

Selain itu, mereka juga diberi daftar aktivitas fisik yang harus dilakukan untuk membakar makanan. Sebagai contoh, untuk membakar kalori dari tiga kentang panggang, seseorang harus lari selama 16 menit.

Sementara itu, kelompok kedua yang disebut kelompok kontrol hanya diberi brosur mengenai hidup sehat tanpa nasihat apa pun.

Anda mungkin dapat menduga hasilnya. Kelompok kontrol ditemukan mengalami kenaikan berat badan rata-rata 0,4 kilogram hanya dalam sebulan, sedangkan kelompok intervensi tidak mengalami kenaikan berat badan sehingga perbedaan kedua kelompok secara rata-rata menjadi 0,5 kilogram.

Anda mungkin mengira bahwa perbedaan 0,5 kilogram itu bukan apa-apa, tetapi menurut para peneliti, pencegahan berat badan sekecil apa pun bisa memberi dampak positif bagi kesehatan.

Source : Sains Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button