Technology and Tips

Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak

Selain berfungsi sebagai alas kaki, sepatu juga mencerminkan kepribadian pemakainya. Seperti dilansir Sheknows, ada 6 jenis model sepatu yang gemar dipakai perempuan. Mulai dari sepatu hak tinggi, sepatu datar hingga sepatu kasual.

Agar koleksi sepatu tidak cepat rusak, bisa dipakai dalam waktu panjang dan tetap memberikan rasa nyaman ketika memakainya, jangan lakukan 5 hal berikut ini.

  • Menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Sebab, bisa mengakibatkan sepatu rapuh karena reaksi yang ditimbulkan air dan panas matahari. Biasanya sepatu akan menggerut dan tidak nyaman dipakai.
  • Membiarkan sepatu dalam kondisi basah atau lembap. Penyebab sepatu berbautidak sedap karena kebiasaan membiarkan sepatu dalam kondisi basah atau lembab. Kondisi lembab akan membuat bakteri bersarang.
  • Disimpan tanpa ada sirkulasi udara. Munculnya kerak pada sepatu yang biasa ditemui pada bagian sol karena penyimpanan sepatu yang kurang tepat. Menyimpan sepatu tanpa diberikan sirkulasi udara menjadi pemicunya. Tip, sebaiknya biasakan mengangin-anginkan sepatu seminggu sekali. Tapi ingat bukan dijemur.
  • Menyemir sepatu. Tidak semua jenis sepatu boleh disemir. Sepatu bot bahasan suede, misalnya yang membutuhkan perawatan khusus. Jadi sebisa mungkin jauhkan dari penggunaan air untuk membersikan. Air bisa menyebabkan bahan kulit mengeras. Sepatu bahan suede cukup dibersihkan dengan sikat berbulu lembut.
  • Simpan sepatu dalam rak atau kotak. Biasakan untuk menyimpan sepatu sesuai dengan pasangannya. Anda juga bisa menambahkan penganjal sepatu membuat bentuk sepatu tetap terjaga.

Untuk merawat sepatu, Elle menuliskan ada 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah segera memperbaiki sepatu yang rusak.

Untuk menyimpan sepatu, Anda juga bisa mempraktikkan cara yang ditulis dariGoodhousekeping. Atau menggunakan bahan bekas untuk membuat rak sepatu yang kreatif dan unik. Misalnya dari paralon yang tidak terpakai atau tangga rusak.

Source : Beritagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
.